Komnas HAM RI Rekomendasikan Pilkada Serentak ditunda

Triknews – Jakarta
Komnas HAM RI merekomendasikan agar pilkada serentak yang akan di gelar desember mendatang untuk ditunda sementara waktu.

Adapun usulan rekomendasi penundaan tersebut tertuang dalam surat keterangan pers Komnas HAM RI nomor :03/HUMAS/KH/IX/2020

Berdasarkan hasil kajian dan data yang ada menurut Komnas HAM bahwa pilkada serentak yang akan diikuti oleh 270 daerah yang terdiri dari 9 untuk pemilihan tingkat provinsi,37 untuk tingkat kota dan 224 untuk tingkat kabupaten tersebut berpotensi menjadi sarana baru penyebaran covid 19.

Hal tersebut terbukti berdasarkan data KPU bahwa dari 728 bakal pasangan calon yang diterima oleh KPU sebanyak 59 bapaslon terkonfirmasi covid 19.

Begitu juga dengan penyelenggara yang terkonfirmasi covid 19 juga semakin meningkat diantara nya komisioner KPU,para petugas KPU dan Bawaslu,bahkan Bawalsu menjadi klaster baru di boyolali karena 70 pengawas pemilu terkonfirmasi covid

Maka atas pertimbangan tersebut Komnas Ham merekomendasikan kepada KPU,Pemerintah dan DPR untuk melaksankan penundaan pelaksanaan pilkada lanjutan sampai situasi kondisi penyebaran covid 19 berahir atau minimal dapat dikendalikan berdasarkan epidemologi yang dapat dipercaya.(trik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *